Sekarang kirim paket bisa lewat Alfamart loh. Setelah beberapa waktu lalu, aku bikin ulasan singkat tentang Alfatrex. Nah kali ini aku mau mencoba sendiri kirim paket lewat Alfatrex. Biar ngerasain sendiri kemudahannya dalam mengirim paket. Kebetulan aku memang sedang ada yang mau dikirim. Bukan paket makanan atau kosmetik, melainkan sebuah surat untuk klien.

Baca Juga; Cara Kirim Paket Gampang Nggak Ribet

Salah satu keuntungan menggunakan Alfatrex ialah semua dikerjakan serba online. Pertama-tama, kudownload dulu aplikasi Alfatrex. Downloadnya bisa via Google Playstore atau App Store. Kalau kalian pengguna Android atau Apple, keduanya dapat menggunakan aplikasi Alfatrex.

Aplikasi Alfatrex ini tergolong ringan. Beratnya hanya 14,5 mb. Diperlukan untuk membuat akun terlebih dahulu. Untuk bisa menggunakannya kita mesti terhubung dengan internet. Tapi nggak setiap waktu juga. Aplikasi ini menyimpan data pengiriman kita. Setelah terdownload, kita bisa melihatnya secara offline. Asal aplikasinya jangan direfresh saja.

Cara Kirim Paket via Alfatrex

Untuk mulai melakukan pengiriman paket, klik tombol “Kirim Sekarang”. Lalu pilih servis yang diinginkan. Setelah tekan lanjut, kita bisa langsung mengisi data pengirim dan penerima. Kita bisa langsung mengambil datanya di buku alamat jika sudah tersimpan.

Sesudah input alamat, kita pilih jenis paket pengiriman. Akan tersedia beberapa pilihan beserta biayanya. Untuk kali ini aku memilih paket yang reguler saja. Biaya pengiriman paket dari Palembang ke Jakarta sebesar Rp. 16.200.

Kalau kita punya kode voucher, masukkan kodenya di bagian bawah agar langsung terpotong. Selesai! kita bisa langsung lanjut ke tahap tiga. Di tahap ini, kode booking langsung tercetak. Paket siap dibawa ke toko Alfamart untuk dikirim.

READ  Cara Kirim Paket Gampang Nggak Ribet Terbaru

Plus Minus Kirim Paket via Alfatrex

Pada percobaan pertama aku kirim paket. Ternyata server Alfamart sedang gangguan. Akibatnya petugas Alfamartnya kesulitan memasukkan kode bookingnya. Petugasnya menyarankan untuk pindah toko. Tapi aku memutuskan untuk menunda pengiriman paket pada hari itu. Takutnya semua jaringan di daerahku sedang bermasalah.

Keesokan harinya, kucoba kirim paket di toko Alfamart yang lain. Alhamdulillah sukses! Aku hanya perlu memberikan kode booking paket ke petugas Alfamartnya. Voila! kodenya berhasil. Setelah membayar, paket kuserahkan pada petugas untuk disimpan.

Sejauh ini, aku lumayan puas pakai Alfatrex. Meski sempat mengalami kendala pada awalnya. Aku jadi bisa tracking status paket lewat hp. Begitu berhasil statusnya langsung berubah menjadi “drop at store”. Artinya paket sudah ada di toko. Tak sabar menunggu paket itu tiba.

Tracking Paket dengan Harap-Harap Cemas
Molzania awalnya sempat berpikir, “Paketku bakalan nyampe gak ya?” saking cemasnya. Kirim paket waktu itu hari sabtu. Tapi pas ditunggu keesokan harinya, status paket tak kunjung berubah. Padahal Molzania inginnya paket itu dikirim sesegera mungkin.

Akhirnya paket berubah status menjadi ‘shipment’ pada Senin pagi. Artinya paket sudah diambil petugas. Barulah hati ini tenang. Paket baru sampai pada hari rabu. Itu artinya kirim paket via Alfatrex dari Palembang ke Jakarta memakan waktu kurang lebih 3 hari kerja.

Lega deh rasanya..
setelah paketku sampai dengan selamat..

Kesimpulan
Jadi ngirim paket pake Alfatrex memang memudahkan. Dari segi harga, kirim paket via Alfatrex termasuk murah. Jika mau kirim paket makanan yang nggak tahan lama, sarannya mending pake paket express yang sehari sampe aja. Paket reguler kurang cocok untuk makanan.

READ  Cara Kirim Paket Gampang Nggak Ribet Terbaru

Kalo untuk pelayanannya sih standard-standard saja. Mbak-mbak Alfamartnya ramah dan mau membantu. Tapi pengirimannya sih masih kurang cepat. Terutama untuk paket regulernya ya. Alasannya karena sabtu-minggu paketnya kepending pengirimannya. Biasanya Molzania kirim paket Sabtu, eh Senin udah sampe. 🙁

Kekurangan lainnya ya itu tadi di awal. Server Alfamart kurang nendang. Soalnya suka error saat masukin kode booking. Akibatnya paketnya kepending pengirimannya atau kudu cari toko Alfamart lain. Mudah-mudahan ini menjadi masukan untuk pelayanan Alfatrex di masa depan. 🙂

%d blogger menyukai ini: